Sabtu, 17 April 2010

कुलिः 3

PENGANTAR EKONOMI MAKRO

Perekonomian Terbuka:Export-Import / Kurs

Dalam menganalisis suatu perekonomian, dikenal dua model perekonomian, yaitu perekonomian tertutup dan perekonomian terbuka.
Perekonomian tertutup adalah model perekonomian yang pada pelakunya, khususnya Produsen dan Konsumen, secara sederhana akan melakukan kegiatan dalam penjualan dan pembelian di pasar yang saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingannya masing-masing. Dalam transaksi pasar tersebut, mereka akan terikat dengan kontrak dagang atau kesepakatan jual beli, dan kemudian ditetapkanlah harga jual atau harga beli dari kegiatan tersebut. Hal ini dikatakan ekonomi pasar tertutup, karena di dalamnya belum termasuk peran luar negeri dalam sistem ekonomi tersebut.
Pada sistem ekonomi yang terbuka, terdapat kemungkinan dari produsen untuk melakukan kegiatan ekspor barang dan produk dagangan dengan tujuan pasar-pasar di negara lain atau sebaliknya melakukan kegiatan impor atas bahan mentah dan bahan penolong serta barang jadi dari luar negara. Dalam model terbuka ini jasa perbankan dan lembaga keuangan dapat juga berasal dari luar negeri dan kita dihadapkan pada sistem perekonomian yang menyatu( the borderless economy) yang disebut dengan the global economy.
PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Mengapa kerjasama dengan ekonomi internasional itu penting ?
Sebab kerjasama ekonomi internasional dapat memberi manfaat langsung terhadap perdagangan internasional. Sebab negara-negara yang melakukannya akan segera mengalami peningkatan penggunaan barang/ jasa maupun faktor-faktor produksi, contohnya dengan mengimpor mobil dari Korea Selatan, masyarakat Indonesia dapat menikmati mobil dengan jumlah yang lebih banyak & mungkin juga dengan harga yang lebih murah.
Selain itu, juga memberi manfaat jangka panjang yaitu dalam penanaman modal langsung.
Pengusaha AS, menanamkan modalnya di bidang industri di Indonesia, membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum dapat berproduksi.
Apakah definisi dari teori perdagangan internasional ?
Teori-teori yang mencoba memahami mengapa sebuah negara(perekonomian) mau melakukan kerjasama perdagangan dengan negara-negara lain.
Teori apa sajakah itu ?
1. Merkantilisme:ajaran atau paradigma yangberkeyakinan bahwa perekonomian suatu negara makin makmur bila mampu memaksimalkan surplus perdagangan (memaksimalkan ekspor dan meminimalkan impor)
2. Keunggulan absolut: dalam hal ini, surplus perdagangan yang dipaksakan lewat mekanisme proteksi dan pemberian monopoli akan mengorbankan efisiensi & produktivitas. Karena dapat mengakibatkan pengusaha enggan melakukan efisiensi & inovasi.
3. Keunggulan Komparatif: teori ini menganggap bahwa negara-negara dapat melakukan perdagangan bila masing- masing dari negara tersebut memiliki keunggulan komparatif.
4. Keunggulan Kompetitif: keunggulan kompetitif suatu bangsa lebih memperhatikan keunggulan karena faktor produksi, faktor permintaan, jaringan kerja industri, strategi perusahaan, dan bentukan persaingan pasar
Bagaimana cara menghitung neraca pembayaran pada transaksi ekonomi internasional ?
Yaitu dengan menggunakan struktur dasar neraca pembayaran atau BOP, yang terdiri atas neraca lancar, neraca modal, neraca penyeimbang, dan selisih perhitungan.
Lalu apakah definisi dari neraca pembayaran itu ?
Neraca pembayaran internasional (international balance of payment) suatu negara merupakan laporan keuangan negara yang bersangkutan atas semua transaksi ekonomi dengan negara lain yang disusun dengan sistematis, neraca ini menghitung dan mencatat semua arus barang, jasa dan modal antara suatu negara dengan negara lain.
Apakah itu valuta asing & bagaimana cara menentukan nilai tukar mata uang ?
Valuta asing(foreign exchang) adalah mata uang negara lain dari suatu perekonomian.
Mekanisme penentuan nilai tukar adalah dengan mekanisme pasar berdasarkan interaksi kekuatan permintaan dan penawaran terhadap valuta asing. Bisa juga melalui non mekanisme pasar, yaitu menentukan kurs tetap oleh pemerintah. Namun kelemahannya adalah, seringkali kurs yang ditetapkan pemerintah berbeda dengan harga pasar.
Apa alasan dilakukannya perdagangan internasional ?
Perdagangan internasional dapat terjadi karena beberapa alasan yaitu :
• Keanekaragaman kondisi produksi. Perdagangan diperlukan karena adanya keanekaragaman kondisi produksi di setiap negara. Misalnya, negara A karena beriklim tropis dapat berspesialisasi memproduksi pisang, kopi untuk dipertukarkan dengan barang dan jasa dari negara lain.
• Timbulnya increasing return to scale(penurunan biaya pada skala produksi yang besar). Banyak proses produksi menikmati skala ekonomis, artinya proses produksi tersebut cendrung memiliki biaya produksi rata-rata yang lebih rendah ketika volume produksi ditingkatkan. Cara apa yang lebih baik untuk meningkatkan produksi selain menjualnya ke pasar global ?
• Perbedaan selera. Sekalipun kondisi produksi di semua daerah serupa, setiap negara mungkin akan melakukan perdagangan jika selera mereka berbeda. Contohnya, negara A dan B menghasilkan daging sapi dan daging ayam dalam jumlah yang hampir sama, tetapi karena masyarakat negara A tidak menyukai daging sapi, sedang negara B tidak menyukai daging ayam, dengan demikian ekspor yang saling menguntungkan dapat terjadi di antara kedua negara tersebut, yaitu bila negara A mengimpor daging ayam dan mengekspor daging sapi, sebaliknya negara B mengimpor daging sapi dan mengekspor daging ayam.
• Prinsip keunggulan komparatif(comporative advantage). Prinsip ini mengatakan bahwa setiap negara akan berspesialisasi dalam produksi dan mengekspor barang dan jasa yang biayanya relatif lebih rendah(artinya lebih efisien dibanding negara lain), sebaliknya setiap negara akan mengimpor barang dan jasa yang biaya produksinya relatif lebih tinggi( artinya kurang efisien dibanding negara lain). Dengan adanya perekonomian terbuka dan setiap negara berkondentrasi pada bidang yang memiliki keunggulan komparatif, maka kehidupan semua orang akan menjadi lebih baik.

कुलिः 2

INPUT INFORMASI

Sumber visual informasi pekerjaan:
1. Bahan tertulis:buku,laporan,panduan,kurikulum,acuan
2. Bahan kuantitatif
3. Bahan fiktorial(gambar) : denah dan lokasi [dipakai dlm manajemen marketing]
4. Pola/alar -> dasar untuk menerapkan aturan dalam satu organisasi
5. Penggambaran visual(tanda,simbol) -> untuk menentukan SDM
6. Alat ukur (waktu)
7. alat mekanis (skill)
8. Bahan yang digunakan (terangkum dari no.1 sampai 11)
9. Bahan yang tdk diproses/bhn jadi(experinced man)
10. Tampilan alam (demografi) -> tempat atau lokasi bekerja
11. Lingkungan buatan manusia ->lingkungan yang dapat meliputi semua urusan manajemen, berkaiatn dengan wanita


Unsur Manajemen:
1) Man
2) Money
3) Metode
4) Marchinal
5) Matherial
6) Market

Manajemen -> Mengatur:
a. Yang diatur
b. Tujuan yang diatur (menghasilkan berdayaguna utk mencapai tujuan)
c. Harus diatur (supaya terlaksana scr optimal,terorganisisr & terintegrasi)
d. Yang mengatur (pimpinan & diri sendiri)
e. Pengaturannya (bertahap)

Ilmu manajemen : ilmu yang digunakan atau dimanfaatkan melalui suatu proses dengan tujuan mencapai pemanfaatan atau pendayagunaan manusia


Dasar Manajemen:
1. Ada kerjasama
2. Ada tujuan
3. Ada pembagian kerja
4. Ada hubungan formal
5. Ada pekerja dan yang dipekerjakan


PENGERTIAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA SERTA FUNGSI SDM
SDM sangat sangat berfungsi/berperan dalam suatu kesuksesan dalam satu organisasi.
Unsur SDM dalam organisasi dapat memberikan keunggulan bersaing,sebab mereka :
1. Membuat sasaran
2. Membuat strategi
3. Membuat inovasi(perubahan yang cepat) >< stagnan (perubahan yang lambat dan akan berhenti dengan sendirinya)

SDM dikatakan unsur vital, karena:
1. SDM mempengaruhi efisiensi dan efektifitas organisasi, merancang dan memproduksi barang dan jasa, mengawasi kualitas, memasarkan produk dari industri, mengalokasikan sumber daya finansial, menentukan seluruh tujuan dan strategi organisasi.
2. SDM merupakan pengeluaran utama organisasi dalam menjalankan bisnis
3. SDM berhubungan dengan sistenm rancangan formal dalam organisasi untuk menentukan efektifitas dan efisiensi untuk mewujudkan sasaran dalam organisasi

Sumber Daya Manusia harus didefinisikan sebagai ”bukan apa yang dilakukan tapi apa yang dihasilkan”


Manajemen SDM merupakan konsep luas tentang :
1. Filosofi (pendapat yang berupa nasihat)
2. Kebijakan (aturan pekerja,seperti promosi->pergeseran pekerjaan ke arah yang lebih baik dan demosi)
3. Prosedur
4. Praktek

Penggunaan konsep dan sistem SDM adalah :

”kontrol secara sistematis dari proses jaringan fundamental organisasi yang mempengaruhi dan melibatkan semua individu dalam organisasi tersebut”

Prosesnya :
1. Perencanaan ->penempatan kerja
2. Desain pekerjaan ->denah,lokasi,jenis pekerjaan,jenis pekerja,aturan,penataan pekerja,(jenis kelamin,konsep pekerja,tingkay pendidikan,aktualitas)
3. Susunan kepegawaian
4. Pelatihan dan pengembangan(promosi,pengembang karakter,pengetahuan dan mutu pendidikan)
5. Representasi dan perlindungan
6. Tenaga kerja dan pengembangan organisasi
Untk mengatur proses tersebut harus direncanakan ->dikembangkan -> di implementasikan


Manajemen SDM : merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi(tunjangan,perumahan,uang,tambahan penghasilan,lembur), pengintegrasian, pemeliharaan, dan pelepasan demi tercapai beberapa tujuan individu, masyarakay dan organisasi
Karakteristik manusia : sebagai mahkluk individu,sosial dan insan politik


Manajemen Personalia :merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan SDM agar mampu tercapai tujuan organisasi dalam lingkup masyarakat.
Lebih menekankan kepada:
1. Personalia
2. Administrasi
3. Manajemen personalia
4. Departemen SDM
5. Fungsi personalia (masing2 punya fungsi sendiri)
6. Hubungan industrial(industri sbg penghasil & pemasar)

Kesamaan manajemen SDM dan manajemen Personalia:
Dapat digunakan secara bergantian

Perbedaan manajemen SDM dan manajemen Personalia :
Penekanannya -> Personalia difokouskan fungsi2 manajemen,SDM untuk ruang lingkup yang jelas


PERAN ADMINISTRASI MANAJEMEN

Difokuskan pada pemprosesan dan penyimpanan data yang meliputi:
1. Database dan arsip pegawai (pegawai,karyawan,keuntungan dan kerugian produksi,pemasaran ke konsumen)
2. Proses klaim keuntungan (persentase laba,prediksi manajemen ke depan)
3. Kebijakan organisasi tentang pemeliharaan dan kesejahteraan pegawai(gaji tetap/insentif,hasil tambahan berupa barang dan jasa dan tempat tinggal),pengumpulan dokumen(data diri seperti identitas,tingkat pendidikan,jurusan,usia,status) dan sebagainya